30 Juni 2011

Belajar Bikin Bahan Ajar

BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP

Kelas / Semester : IX / Ganjil
Mata Pelajaran : Matematika


BAB I
GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Pertemuan ke – 1 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1. Standar Kompetensi (SK)
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

1.1 Kompetensi Dasar (KD)
Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen

Indikator :
1.1.1 Mengidentifikasikan dua bagun datar yang sebangun atau kongruen melalui
model bangun datar
1.1.2 Menunjukkan syarat dari dua bangun yang sebangun
1.1.3 Menggambarkan dua bangun yang sebangun

Pertemuan ke – 2 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.1.4 Membuktikan dua bangun datar yang sebangun
1.1.5 Menunjukkan syarat dari dua bangun yang kongruen
1.1.6 Menggambarkan dua bangun yang kongruen

Pertemuan ke – 3 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.1.7 Membuktikan dua bangun datar yang kongruen
1.1.8 Menghitung salah satu sisi pada bangun datar yang sebangun jika panjang sisi
yang lain diketahui

Pertemuan ke – 4 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.2 Kompetensi Dasar (KD)
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

Indikator :
1.2.1 Mengidentifikasikan dua segitiga yang sebangun atau kongruen melalui model
bangun datar
1.2.2 Menunjukkan syarat dari dua segitiga yang sebangun
1.2.3 Membuktikan dua segitiga yang sebangun

Pertemuan ke – 5 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.2.4 Menunjukkan syarat dari dua segitiga yang kongruen
1.2.5 Membuktikan dua segitiga yang kongruen
1.2.6 Menentukan perbandingan pada segitiga dengan garis sejajar salah satu
sisinya

Pertemuan ke –6 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.2.8 Menentukan sudut yang belum diketahui dari dua segitiga yang kongruen
1.2.9 Menentukan panjang salah satu yang belum diketahui dari dua segitiga
yang sebangun

Pertemuan ke –7 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.3 Kompetensi Dasar (KD)
Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah

Indikator :
1.3.1 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga untuk menentukan perbandingan sudut
pada segitiga

Pertemuan ke –8 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.3.2 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga untuk menentukan perbandingan sisi
pada segitiga

Pertemuan ke –9 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.3.3 Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan segitiga

Pertemuan ke –10 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
1.3.4 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan sehari-hari

Pertemuan ke –11 ( 2 x 40 menit = 80 menit )

BAB II
BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

2. Standar Kompetensi (SK)
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola, serta menentukan ukurannya

2.1 Kompetensi Dasar (KD)
Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola

Indikator :
2.1.1 Menggambarkan jaring-jaring tabung
2.1.2 Menyebutkan unsur-unsur tabung

Pertemuan ke –12 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
2.1.3 Menggambarkan jaring-jaring kerucut
2.1.4 Menyebutkan unsur-unsur kerucut

Pertemuan ke –13 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
2.1.5 Menyebutkan unsur-unsur bola

Pertemuan ke –14 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
2.2 Kompetensi Dasar (KD)
Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
2.2.1 Menghitung luas selimut tabung
2.2.2 Menghitung luas permukaan tabung

Pertemuan ke –15 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
2.2.3 Menghitung unsur-unsur tabung jika diketahui luasnya selimut dan luas
permukaan tabung
2.2.4 Menghitung volume tabung
Pertemuan ke –16 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
2.2.5 Menghitung luas sisi kerucut
2.2.6 Menghitung luas selimut kerucut
2.2.7 Menghitung luas permukaan kerucut

Pertemuan ke –17 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
2.2.8 Menghitung volume Kerucut
2.2.9 Menghitung unsur-unsur kerucut jika diketahui luas selimut dan luas
permukaan kerucut
2.2.10 Menghitung unsur-unsur kerucut jika diketahui volume kerucut

Pertemuan ke –18 ( 2 x 40 menit = 80 menit )
2.2.11 Menghitung luas permukaan bola
2.2.12 Menghitung jari-jari bola jika diketahui volumenya
2.2.13 Menghitung jari-jari bola jika diketahui luas sisinya
2.2.14 Menghitung volume bola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar