24 Januari 2012

Hakekat Belajar dan Pembelajaran




BELAJAR
Learning,
Merupakan Proses Perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman (Fontana,1981), bukan berasal dari pertumbuhan (Gagne,1985), bukan disebabkan instink, kematangan, kelelahan, dankebiasaan (Bower danHilgard,1981)

Hilgard,
Learning is the process by wichan activity originates or changed through as distinguishes from chandesby factors not atributableto training

PEMBELAJARAN

Instruction,
Serangkaiankegiatanyang dirancanguntukmemungkinkanterjadinyaprosesbelajarpadasiswa(Gagne, Briggs, and Wager, 1992)

JENIS BELAJAR

Gagne,
Belajar Isyarat (Signal Learning)
Belajar Stimulus‐ Respon (Stimulus‐Response Learning)
Belajar Rangkaian (Chaining Learning)
Belajar  Asosiasi Verbal (Verbal Association Learning)
Belajar Membedakan (Discrimination Learning)
Belajar Konsep (concept Learning)
Belajar Hukum/Aturan (Rule Learning)
Belajar PemecahanMasalah (Problem Solving Learning)

STUDI KASUS

Sekelompok mahasiswa pecinta alam melakukan pendakian saat musim hujan. Mereka berangkat daribase camp pukul18.00 WIT dengan penerangan lampu minyak, dalam perjalanannya hujan mengguyur deras membuat jalan setapak sangat licin, demi keselamatan banyak perbekalan yang terpaksa ditinggal termasuk minyak tanah. Pukul24.00 mereka sampai puncak danhujan tetap mengguyur.

Masalah,

Apa yang harus mereka lakukan agar lampu minyak yang tinggal satu‐satunya dengan kondisi sumbu hampir tidak menyentuh minyak tanah dapat tetap menyala sampai pagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar