Learning,
Merupakan Proses Perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman (Fontana,1981), bukan berasal dari pertumbuhan (Gagne,1985), bukan disebabkan instink, kematangan, kelelahan, dankebiasaan (Bower danHilgard,1981)
Hilgard,
Learning is the process
by wichan activity originates or changed through as distinguishes from
chandesby factors not atributableto training
PEMBELAJARAN
Instruction,
Serangkaiankegiatanyang dirancanguntukmemungkinkanterjadinyaprosesbelajarpadasiswa(Gagne,
Briggs, and Wager, 1992)
JENIS BELAJAR
Belajar Isyarat (Signal Learning)
Belajar Stimulus‐ Respon (Stimulus‐Response Learning)
Belajar Rangkaian (Chaining Learning)
Belajar Asosiasi Verbal
(Verbal Association Learning)
Belajar Membedakan (Discrimination Learning)
Belajar Konsep (concept Learning)
Belajar Hukum/Aturan (Rule Learning)
Belajar PemecahanMasalah (Problem Solving Learning)
STUDI KASUS
Sekelompok mahasiswa pecinta alam melakukan pendakian saat musim hujan. Mereka berangkat daribase camp pukul18.00 WIT dengan penerangan lampu minyak, dalam perjalanannya hujan mengguyur deras membuat jalan setapak sangat licin, demi keselamatan banyak perbekalan yang terpaksa ditinggal termasuk minyak tanah. Pukul24.00 mereka sampai puncak danhujan tetap mengguyur.
Masalah,
Apa yang
harus mereka lakukan agar
lampu minyak yang tinggal satu‐satunya dengan kondisi sumbu hampir tidak menyentuh minyak tanah dapat tetap menyala sampai pagi?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar