21 Februari 2011

kandungan dan Manfaat Buah Rambutan

Buah rambutan mengandung besi, kalium sampai vitamin C dalam setiap 100 gram(sekitar 3 buah rambutan terkandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat,serta 58 mg vitamin). Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Karakter buah seperti ini cocok dikonsumsi untu orang-orang yang tengah berdiet menurunkan atau menjaga berat badan.Buah rambutan juga bermanfaat bagi kesehatan, yaitu untuk mengencangkan otot, obat sakit perut, dan obat cacingan.

Biji dari buah rambutan tidak beracun. Bijinya mengandung karbohidrat, lemak, protein, yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dari gizi. Biji buah rambutan juga mengandung lemak polifenol cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah), sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis (diabetes mellitus yang cenderung tinggi).

Kulit buah rambutan mengandung tannin dan saponin beracun, tetapi di Jawa kulit buah rambutan dapat dijadikan obat dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Kulit buah rambutan bermanfaat untuk mengatasi disentri.Kulit batangnya mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi yang bermanfaat untuk mengatasi sariawan. Akar buah rambutan dapat digunakan untuk mengatasi demam, sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut.

Cara dan contoh pemakaian :

1.Disentri
Kulit buah rambutan (10 buah) dicuci, kemudian dipotong-potong seperlunya. Ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya rebus sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin, disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

2.Demam
Kulit rambutan yang telah dikeringkan (15 gr) dicuci. Kemudian ditambah 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.

3.Perawatan rambut
Daun rambutan secukupnya dicuci, kemudian ditumbuk sampai halus.Sedikit air ditambahkan, sambil diaduk rata sampai menjadi adonan seperti bubur. Kemudian diperas dan disaring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul digunakan untuk membasahi kulit kepala. Hal ini dilakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

4.Kencing manis
Biji rambutan (5 biji) digoreng sangran (sangria), kemudian digiling sampai menjadi serbuk. Diseduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.

5.Sariawan
Kulit kayu rambutan (3 ruas jari) dicuci, kemudian direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Air tersebut dipakai untuk berkumur selagi hangat.

6.Akar rambutan dapat diseduh untuk obat demam

3 komentar:

  1. Wah, saya baru tahu kalau semua bagian dari rambutan ini ada manfaatnya.Mungkin saya akan coba dengan perawatan rambut dari daun rambutan ini.

    BalasHapus
  2. iya.. jika kita melihat hanya sebatas luarnya mugkin khasiatnya cuma di buah saja, tapi ternyata semuanya bermanfaat. silahkan dicoba.. saling berbagi pengetahuan yaa :)

    BalasHapus