24 Maret 2011

Masyarakat Multikultural


Apakah yang dimaksud dengan masyarakat? Suatu kelompok yang tinggal di suatu wilayah. Masyarakat dibagi menjadi 3 macam yaitu :

-Masyarakat setempat : suatu kelompok, baik kelompok besar maupun kecil, hidup bersama sedemikian rupa sehingga merasakan bahwa kelompok tersebut dapat memenuhi kepentingan-kepentingan hidup yang utama kelompok tersebut disebut (comunity) dan memiliki kriteria.
Kriteria utama yaitu adanya masyarakat setempat yaitu adanya (social realitionship) antara anggota suatu kelompok. Mereka tinggal di suatu wilayah.

-Masyarakat desa : memiliki hubungan yang lebih erat dan mendalam dibandingkan dengan masyarakat kota. Biasanya mereka hidup berkelompok dan mayoritas mata pencariannya sebagai petani.
Rasa persatuan sangat kuat dan menimbulkan saling kenal mengenal dan saling tolong-menolong atau gortong royong dalam segala hal.

-Masyarakat kota : kehidupan masyarakat kota, cenderung mengarah individual/ diri sendiri dan sepertinya kurang mengenal antara warga yang satu dan yang lainnya, meskipun tempat tinggalnya saling berdekatan tetap saja jarang berkomunikasi terhadap tetangga terdekat.

Rasa persatuan/rasa persaudaraannya tolong-menolong dan gotong royong yang mulai pudar atau hilang dan kepeduliannya cenderung sangat berkurang.

1 komentar:

  1. ini masuk dalam kasus pada masy.multikultural g ??

    BalasHapus