24 Maret 2011

Kelompok Sosial


Pergaulan atau perkumpulan sering kita jumpai dimana-mana dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar, kelompok-kelompok itu bisa dikatakan sebagai kelompok sosial. Salah satu contohnya yaitu sekolahan saya, sekolah juga mempunyai hak/wewenang dalam memberikan sanksi kepada murid-muridnya.

•Bentuk-bentuk kelompok sosial : masyarakat merupakan salah satu tipe kelompok yang dikembangkan oleh manusia

a.Kelompok primer : adalah kelompok-kelompok yang ditandai ciri-ciri kenal mengenal antar sesama/anggota-anggotanya, serta kerja sama erat yang bersifat pribadi. Salah satu hasil hubungan yang erat dan bersifat pribadi tadi yaitu peleburan individu-individu ke dalam kelompok-kelompok tersebut sangat penting bagi pembentukan atau perwujudan cita-cita sosial individu.

-Syarat-syarat yang sangat penting adanya suatu kelompok primer yaitu :
1.Anggota kelompok tersebut secara fisik berdekatan satu dan lainnya
2.Kelompok tersebut adalah kecil
3.Adanya suatu kelanggengan hubungan antar anggota kelompok yang bersangkutan

b.Kelompok sekunder : yaitu kelompok-kelompok besar yang terdiri dari banyak orang. Bagaimana hubungannya tak perlu berdasarkan kenal mengenal secara pribadi, dan sifatnya juga tidak begitu langgeng dengan adanya batasan tersebut kurang memuaskan.

•Oleh sebab itu adanya kelompok primer merupakan syarat mutlak terbentuknya kelompok sekunder. Dalam kelompok primer individu mengidentifikasikan dirinya dengan orang lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa syarat-syarat dan sifat-sifat kelompok primer dan sekunder saling mengisi antar sesama secara mutlak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar