24 Maret 2011

Mobilitas Sosial


Perubahan yang terjadi secara lambat dan perubahan secara cepat (intended change) perubahan membutuhkan waktu lama sehingga terdapat suatu rangkaian perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat pada evolusi perubahan yang terjadi dengan sendirinya tanpa suatu rencana atau suatu kehendak tertentu. Perubahan tersebut terjadi karena usaha untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat.

1.Jenis-jenis mobilitas sosial :
a.Mobilitas sosial vertikal : status sosial seseorang/kelompok ada yang berubah naik, adapula yang menurun, dan adapula yang tidak berubah status sosialnya. Status sosial disebut mobilitas vertikal.
b.Mobilitas sosial horizontal : mobilitas/perpindahan yang tidak mengubah status disebut mobilitas horizontal, misalnya sebelumnya menjadi guru, pindah tugas di tempat lain juga menjadi guru, sebelumnya berjualan koran dan ke tempat lain juga berjualan koran.

2.Proses terjadinya mobilitas sosial
-Keadaan alam/geografis : keadaan alam yang sudah tidak dapat mendukung.
-Ekonomi : faktor utama pendorong mobilitas sosial yaitu ekonomi.
-Pendidikan : pada umumnya setiap orang memiliki cita-cita untuk memperoleh pendidikan lebih maju dan lebih tinggi.
-Persaingan : setiap individu/kelompok berkeinginan untuk dapat melebihi kedudukan/status dari individu atau kelompok lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar