PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VII / Ganjil
Waktu : 2 x 10 menit
Tanggal
Pelaksanaan : 5 April 2012
A.
Standar
Kompetensi
Memahami bentuk persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
B.
Kompetensi
Dasar
Menyelesaikan bentuk pertidaksamaan
linier satu variabel (PTLSV)
C.
Indikator
-
Mengenali
Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel dalam berbagai bentuk dan variabel.
-
Menentukan bentuk setara dari
Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel.
-
Menentukan penyelesaian Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Peserta didik dapat mengenal Pertidaksamaan Linier Satu
Variabel dalam berbagai bentuk dan variabel.
-
Peserta dapat menentukan bentuk setara dari
Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.
-
Peserta didik dapat menentukan penyelesaian dari Pertidaksamaan
Linear Satu Variabel.
E.
Ringkasan
Materi
Pertidaksamaan linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang memuat variabel berpangkat 1
(satu) yang memiliki hubungan ketidaksamaan <, >, £, dan ³.
Bentuk umum PTLSV dalam variabel x dituliskan
dengan ax + b < 0, ax + b > 0,
ax
+ b £ 0,
atau ax + b
0 dengan a ¹ 0, a dan b bilangan real (nyata).

Menyelesaikan PTLSV
:
Dapat digunakan
pertidaksamaan yang ekuivalen dalam bentuk yang paling sederhana.
Pertidaksamaan yang ekuivalen dapat digunakan dengan cara : menambah,
mengurangi, mengali, dan membagi kedua persamaan dengan bilangan yang sama.
1.
Penjumlahan atau Pengurangan
Contoh :
Tentukan penyelesaian dari 4x
3x – 5 dan
gambarlah grafik penyelesaiannya!

Jawab :











Penyelesaiannya adalah x
4

Grafik penyelesaiannya :
![]() |
1 2
3 4 5
6 7 8
9
Lingkaran penuh menandakan bahwa
titik ujung juga merupakan soluasi. Biasanya untuk tanda £ dan ³.
“Sifat menambah atau mengurangi
pada pertidaksamaan :”
Jika kedua ruas pertidaksamaan ditambah atau dikurangi
dengan bilangan yang sama maka tanda pertidaksamaan tetap, dan penyelesaiannya
juga tidak berubah.
2.
Perkalian atau Pembagian
Contoh :
Tentukan penyelesaian dari 2x – 4 < 10 dan gambarlah
grafik penyelesaiannya!
Jawab :










Penyelesaiannya adalah x < -
5
Grafik penyelesaiannya :
![]() |
-10 -9
-8 -7 -6
-5 -4 -3
Lingkaran kosong
menandakan titik ujung bukan solusi. Biasanya untuk tanda <
dan >.
“Sifat
mengalikan atau membagi pada pertidaksamaan :”
1.
jika kedua
ruas dikalikan atau dibagi dengan bilangan positif
yang sama (bukan nol) , maka tanda pertidaksamaan
tidak berubah.
2.
jika kedua
ruas dikalikan atau dibagi dengan bilangan negatif
yang sama (bukan nol), maka tanda pertidaksamaan berubah menjadi sebaliknya.
F.
Metode
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
3.
Diskusi
Kelompok
4.
Penugasan
G.
Langkah
– langkah Pembelajaran
NO
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENGORGANISASIAN
|
|
WAKTU
|
SISWA
|
||
1
2
3
|
Kegiatan Awal
-
Guru memberikan salam
-
Berdoa di awal
pembelajaran
-
Guru mengecek
kehadiran peserta didik
-
Guru menyampaikan
materi pokok yang akan dipelajari.
-
Tanya jawab tentang penulisan
pertidaksamaan yang dapat menyatakan hal-hal dalam kehidupan
sehari-hari
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan pada peserta didik tentang pengertian pertidaksamaan linear
satu variabel dan penyelesaiannya.
-
Guru membimbing peserta didik untuk membuat
kelompok dan pembagian
kelompok ditentukan oleh guru.
-
Secara berkelompok
siswa mengerjakan lembar kerja.
-
Melaporkan hasil
diskusi kelompok dibahas secara klasikal.
-
Kesimpulan hasil
diskusi.
Kegiatan Akhir
-
Melakukan tanya jawab mengenai materi yg belum paham
-
Guru membimbing peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
-
Guru memberikan
motivasi untuk belajar yang rajin.
-
Guru
memberikan PR.
-
Guru menutup kelas.
|
4’
6’
7’
4’
|
Klasikal
Klasikal
Kelompok
Kelas
Individu
|
H.
Sumber
/ Alat dan Bahan
1. Sumber
a. Buku Matematika kelas VII
b. Buku Matematika yang relevan
2. Alat dan Bahan
Whiteboard, board-marker, media pengajaran dengan power point : berbagai
cara menghitung pertidaksamaan linier satu variabel.
I.
Penilaian
A. Jenis Tes
-
Tes
Tulis
-
Sikap
B. Alat Tes
-
Lembar
kerja individu : Terlampir
-
Lembar kerja kelompok : Terlampir
Mengetahui,
Kepala SMP
……………………………………….
|
Gresik, 05 April 2012
Guru Bidang Studi
Annisa
Wahyuning Putri
09.422.014
|
mkasih ukhti tas ilmux...
BalasHapussama-sama :)
BalasHapus